Kiat Menahan Hawa Nafsu Amarah

Halo sahabat, artikel yang berjudul Kiat Menahan Hawa Nafsu Amarah ini boleh jadi menjadi referensi yang cocok untuk anda. Simak artikel berikut ini ya.

cara menahan marah

Apakah kamu mudah terpancing oleh amarah? apakah anda sempat mengucapkan sumpah serapah, menendang barang-barang, dan melontarkan kata-kata kasar sehingga orang-orang di sekitar kamu cepat-cepat menghindar? apakah kamu tiba-tiba merasa ingin marah kala terjebak kemacetan, mendengar kabar yang kurang baik, atau hanya karena mendengar ucapan yang tidak kamu sukai? jika ya, cobalah mencari trik mengelola amarah dan jangan biarkan amarah mengendalikan kehidupan kamu.

Jika kamu kesulitan menahan diri dari ledakan amarah, berlatihlah untuk mengatasi situasi-situasi yang sulit. Ini adalah trik terbaik untuk mendapatkan hidup yang lebih tenang.

1. Perhatikan tanda-tanda emosional. Kemarahan biasanya disertai dengan membanjirnya emosi lain. Lagipula, amigdala, bagian otak yang berfungsi sebagai pusat emosi, akan menyampaikan sinyal-sinyal semampunya untuk menghadapi ancaman dan memastikan kamu akan bertahan hidup. Karena itu, kamu akan menjumpai begitu banyak emosi lain yang berhubungan. Semua perasaan ini mampu menyuarakan alarm untuk memacu reaksi yang membuat anda menjumpai atau kabur dari sebuah persoalan.

2. Cobalah bernapas dalam-dalam. Berikan ruang bagi diri sendiri. Bila memungkinkan, menyingkirlah dari orang banyak dan pergilah ke kamar mandi, dekat tangga, atau luar ruangan saat melakukan hal ini. Dengan begini, kamu akan terbantu merasa nyaman saat menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri.

3. Ulangi kata atau frasa yang menenangkan. Cobalah mengucapkan sesuatu ke diri sendiri, misalnya “tenanglah, ” “rileks, ” atau “santai saja”. Ulangi frasa-frasa ini berkali-kali hingga kemurkaan kamu menghilang.

4. Pergilah ke luar untuk jalan-jalan. Anda bisa menenangkan diri dan berpikir lebih bersih dengan menjauhkan diri dari sumber masalah yang memicu amarah. Akan sangat baik apabila anda dapat meninggalkan ruangan dan menikmati pemandangan alam. Berjalan kaki bisa cepat menghilangkan energi negatif dan menyelamatkan kamu dari amarah. Seandainya pertengkaran semakin memanas, tidak ada salahnya bila kamu mengatakan, “Aku mau ke luar dulu sebentar untuk jalan-jalan”.

5. Cobalah menari. mungkin anda tidak ingin menari bila sedang benar-benar marah. Oleh sebab itu, anda harus mulai mencobanya. Jikalau anda mulai merasa terperangkap dalam amarah, putarlah irama favorit anda terus mulailah menari sambil ikut bernyanyi. Cara ini akan mengubah impuls yang merugikan kamu dengan rangsangan dari luar.

Semoga artikel yang berjudul Kiat Menahan Hawa Nafsu Amarah ini dapat bermanfaat buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *